Berkontribusi

Pada tahun 2011 Komunitas Gubuak Kopi lahir, dan dengan sprit jurnalisme warga menerbitkan media alternatif berupa blog melalui akun gratis di wordpress (www.gubuakkopi.wordpress.com). Kami percaya dengan melibatkan masyarakat sebagai pelaku media yang aktif dan mendristribusikannya secara mandiri adalah aksi penting dalam merawat kebebasan bermedia. Kami percaya bahwa banyak masyarakat yang juga mampu mengenal dan memahami persoalan di sekitar mereka, serta kesalingkaitannya.

Konten yang terdapat pada blog Gubuak Kopi, secara umum berisisikan isu-isu bermuatan lokal yang selama ini luput dari media-media arus besar. Gubuak Kopi mengajak masyarakat untuk sadar dan percaya pada apa yang kita lihat, bahwa hal kecil yang menarik perhatian kita pun adalah bagian penting untuk dikaji, diolah dan diberitakan pada publik. 

#GBKPictStory

Selain postingan tulisan jurnalisme warga Gubuak Kopi juga meluncurkan kolom #GBKPictStory, yaitu project foto esai yang memproduksi karya fotografi realisme, yang disertakan narasi-narasi subjectif, puitis, atau personal statement. Setiap kontributor kolom ini sebaiknya memproduksi karya dengan memahami persoalan dan realita disekitarnya, mengabadikan momen estetis itu dalam karya fotografi (5-8 foto) kemudian menyusunnya dan mengolahnya dengan bentuk baru (sebaiknya dalam bentuk yang tidak mainstream).

Hingga saat ini #GBKPictStory masih dalam proses pencarian bentuk (dalam waktu yang tidak terbatas), dan walaupun sebelumnya telah diproduksi beberapa “bentuk” yang bisa dijadikan rujukan, #GBKPictStory masih terbuka untuk kamu yang ingin menawarkan bentuk-bentuk/komposisi baru sesuai kebutuhan kamu (sekalipun itu absurd).


  • Gubuak Kopi mengajak para pekalu media untuk kritis terhadap persoalan disekitarnya, tanpa harus terkendala oleh persoalan teknis atau kecanggihan media (kamera).

  • Gubuak Kopi mengajak para pekalu media untuk bebas berekspresi tanpa harus mengikuti trend yang dikonstruksikan media-media arus besar, berani menemukan gaya baru, ataupun berbeda.

  • Gubuak Kopi mengajak para pekalu media untuk berekspresi tanpa harus takut dicekal, dicaci, dan dikritisi.

  • Gubuak Kopi mengajak para pekalu media untuk menjaga, merawat, dan merayakan  kemerdekaan, kebebasan, serta keberagaman berekspresi.

 

 


Silahkan kirimkan tulisan jurnalisme warga kamu (dalam format microsft word document) dan foto secara terpisah melalui email: gubuakkopi@yahoo.com

*agar tulisan kamu dapat segera kami temukan, silahkan kontak kami melalui akun media sosial Facebook (Komunitas Gubuak Kopi) atau Twitter (@gubuakkopi) terlebih dahulu.

*jangan sungkan untuk mengontak kami di media sosial, kapan saja.

*sebelumnya mohon maaf,  Gubuak Kopi belum mampu untuk mengapresiasi karya kamu dalam bentuk uang. Kami hanya bisa mengatakan terimakasih telah berkarya dan mengukir sejarah bersama kami.


Donatur

Gubuak Kopi sangat senang kalau ada kawan-kawan yang tertarik memberikan bantuan hibah atau dana untuk pengembangan project nirlaba ini, silahkan kontak kami melalui media sosial atau melalui email: gubuakkopi@yahoo.com

 

 


Kontribusi lainnya

kamu juga bisa mengkampanyekan dan membagikan postingan di blog ini pada teman-teman kami di media sosial, dan mengajak mereka untuk ikut menjadi pelaku media mandiri.

Iklan

Ayo Ditanggapi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s